Dorong Produktivitas Pertanian, Pemkab Tasikmalaya Salurkan Bantuan Pompa Air ke Kelompok Tani

- 15 Mei 2024, 17:45 WIB
Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan sebanyak 77 unit pompa air kepada kelompok tani di daerah Kabupaten Tasikmalaya.
Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan sebanyak 77 unit pompa air kepada kelompok tani di daerah Kabupaten Tasikmalaya. /ist/

KABAR SINGAPARNA - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan sebanyak 77 unit pompa air kepada kelompok tani di daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Penyerahan bantuan dilaksanakan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Mohamad Zen, mewakili Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, di Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya.

Pemberian bantuan pompa air untuk kelompok tani ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program Perluasan Areal Tanam (PAT) yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional secara terintegrasi. Maka bantuan pompa air tersebut diberikan kepada kelompok tani.

Baca Juga: Gagal Mendaftar Bupati dari Jalur Perseorangan, Dua Paslon ini Laporkan KPU Kabupaten Tasikmalaya

Dikatakan dia, salah satu langkah strategis dan cepat dalam mengantisipasi darurat pangan di Kabupaten Tasikmalaya, yaitu dengan cara pompanisasi berupa pemberian bantuan pompa air.

“Kegiatan pompanisasi dengan pemberian bantuan pompa air merupakan salah satu langkah strategis dan cepat dalam mengantisipasi darurat pangan di Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Mohamad Zen.

Mohamad Zen menyebutkan, program bantuan ini melibatkan kerja sama antara pemerintah pusat, daerah, dan lembaga-lembaga terkait, serta partisipasi aktif dari para petani dan kelompok tani di setiap kecamatan hingga desa di Kabupaten Tasikmalaya.

Ia pun berharap, produktivitas pertanian dapat meningkat melalui pembangunan infrastruktur pompa air yang modern dan efisien. Artinya dapat meningkatkan indeks pertanian di seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Zen, diharapakan mampu meningkatkan Indek Pertanaman di Kabupaten Tasikmalaya. Mulai dari yang tidak mampu tanam sama sekali karena kekurangan air, menjadi lahan yang mampu panen.

Atau lahan tadah hujan yang hanya panen sekali dalam setahun bisa meningkat menjadi 2 kali atau bahkan 3 kali dalam setahun. Sehingga produksi dan produktivitas padi Kabupaten Tasikmalaya dapat meningkat

Halaman:

Editor: Aris M Fitrian


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah