5 Manfaat Daun Sereh, Selain Bisa Mengusir Nyamuk Ternyata Dapat Membantu Atasi i Sakit Kepala

- 15 Mei 2024, 10:00 WIB
daun sereh atau serai
daun sereh atau serai /halodoc/

KABAR SINGAPARNA - Daun sereh sejenis tanaman rempah, tidak hanya menyedapkan makanan saja tetapi manfaat daun sereh bagi kesehatan pun sangat banyak. Daun sereh memiliki bentuk seperti rumput tinggi.

Daun sereh juga merupakan sumber antioksidan dan sifat antimikroba yang hebat, dan juga menurunkan peradangan dalam tubuh. Bersama dengan itu, serai kaya akan vitamin dan mineral.

Selain itu, daun sereh dipercaya dapat mengusir nyamuk. Sereh mengandung berbagai senyawa kimia seperti citronellal, geranial, dan neral. Senyawa-senyawa ini memiliki aroma kuat dan menyegarkan bagi manusia. Sehingga lebih ramah lingkungan dan aman digunakan sekitar manusia.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Inilah Manfaat Daun Senna dan Efek Sampingnya

Berikut 5 manfaat daun sereh untuk kesehatan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Daun sereh dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang penting dalam upaya menurunkan berat badan. Selain itu, tanaman ini mengandung senyawa polifenol dan kafein yang dapat meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak.

2. Mengurangi kecemasan

Tanaman herbal ini memiliki formula herbal yang dapat membantu meredakan kecemasan dan stres. Menghirup aroma daun atau minyak atsirinya dapat mengurangi kecemasan dan stres.

3. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Daun sereh bisa jadi perawat alami untuk pertumbuhan rambut yang efektif, dan membantu membuka folikel rambut. Daun ini adalah sumber vitamin A dan C, yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk kulit dan rambut.

4. Mengontrol tekanan darah

Daun sereh mengandung fotasium dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Pada gilirannya, ini dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Jambu Biji untuk wajah, Salah Satunya Bisa Mengontrol Minyak Berlebih

5. Mengatasi sakit kepala sakit kepala

Ternyata daun dan pangkal sereh ini mampu mengatasi sakit kepala yang tidak kunjung membaik dapat menyebabkan gangguan aktivitas. Untuk meredakan kondisi ini, Anda nyatanya bisa menggunakan sereh. 

Halaman:

Editor: Aris M Fitrian


Tags

Artikel Pilihan

Terkini