Akses Jalan Menuju Wisata Curug Batu Blek, Tempat Ngabuburit Nuansa Alam di Jalur Ciawi Singaparna

- 20 Maret 2024, 06:49 WIB
Curug Batu Blek, tempat wisata air terjun di kawasan hutan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. /kabar-priangan.com/ Aris Mohamad Fitrian/

KABAR SINGAPARNA - Curug Batu Blek terletak di Kampung Cipeuteuy, Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Curug ini tersembunyi di kawasan hutan lindung dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Akses jalan menuju Curug Batu Blek terbilang cukup menantang dan membutuhkan persiapan yang matang.

Berikut beberapa pilihan akses jalan menuju Curug Batu Blek:

1. Jalur Ciawi - Singaparna

• Dari Ciawi atau Singaparna, ikuti Jalan Cisinga hingga menemukan perempatan menuju Kampung Leuwibodas.
  • Dari Kampung Leuwibodas, pilih jalur melalui Santanamekar.
  • Ikuti jalan desa yang cukup sempit dan berbelok-belok hingga menemukan area parkir Curug Batu Blek.
  • Dari area parkir, lanjutkan perjalanan dengan trekking menuruni bukit selama kurang lebih 30 menit.

Baca Juga: Banyak Dikira dari Bahasa Inggris, Keindahan Curug Batu Blek Surgawi Wisata Alam di Jalur Ciawi Singaparna

2. Jalur Kota Tasik

• Dari Kota Tasik, ikuti Jalan Raya Indihiang - Ciawi hingga pertigaan Pageningan Cisayong.
  • Belok kiri menuju Jalan Sukamukti - Cisayong dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan Kampung Leuwibodas.
  • Dari Kampung Leuwibodas, pilih jalur melalui Cipeuteuy.

Jalan menuju Curug Batu Blek masih belum beraspal dan cukup terjal.
Pada musim hujan, jalan bisa menjadi licin dan berlumpur.
Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua yang prima dan berpengalaman melewati medan off-road.***