35.672 Anggota KPPS di Kabupaten Tasikmalaya Dilantik Serentak, Dilanjut 3 Hari Bimtek Kepemiluan

- 25 Januari 2024, 17:06 WIB
PPS di Kecamatan Singaparna melantik anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-kecamatan Singaparna di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Kamis 25 Januari 2024.
PPS di Kecamatan Singaparna melantik anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-kecamatan Singaparna di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Kamis 25 Januari 2024. /Aris M Fitrian/

KABAR SINGAPARNA- KPU Kabupaten Tasikmalaya melantik sebanyak 35.672 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) secara serempak di seluruh kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis 25 Januari 2024.

Dimana nantinya para anggota KPPS ini akan bertugas menjadi pelaksana teknis dalam proses pemungutan dan perhitungan suara di 5.096 TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada pemilu tahun 2024 se-Kabupaten Tasikmalaya.

Setelah resmi dilantik, nantinya para anggota KPPS ini akan langsung melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) yang di selenggarakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) selama 3 hari kedepan mulai hari Jum'at besok.

Baca Juga: Melalui PPS, KPU RI Secara Serentak Melaksanakan Pelantikan KPPS di Seluruh Indonesia

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ami Imron Tamami, menuturkan, untuk masa kerja anggota KPPS pada pemilu sekarang berbeda. Dimana saat ini KPPS memiliki masa kerja selama satu bulan, terhitung 25 Januari hingga 25 Februari 2024.

Ia juga menambahkan, saat ini anggota KPPS wajib mengikuti serangkaian Bimtek, terkait teknis pelaksanaan. Dimana pada pelaksanaan pemilu sekarang ada perbedaan di banding dengan pemilu-pemilu sebelumnya.

"Adapun tugas pokok dari KPPS sendiri merupakan pelaksanan teknis pemungutan dan perhitungan suara pada pemilu di tingkat TPS. Kami meminta semua bekerja secara maksimal dan bisa mensukseskan pemilu 2024," jelas Ami, di temui saat menghadiri pelantikan secara serempak KPPS se-Kecamatan Singaparna di Gedung Islamic Center.

Sekalipun pelaksanaan pelantikan berlangsung secara serentak se-Indonesia, akan tetapi teknisnya tersebar di tiap-tiap desa. Di Kabupaten Tasikmalaya sendiri ada pelantikan yang diselenggarakan secara massal satu kecamatan di satu lokasi dengan ribuan peserta. Kecamatan tersebut yakni Singaparna dan Sukarame.

Ami mengemukakan bahwa pelantikan anggota KPPS secara massal pada satu lokasi tersebut adalah bagian dari instruksi KPU RI. Seperti pelantikan di Kecamatan Singaparna memilih lokasi yang luas, yaitu di Islamic Center, Singaparna.

Baca Juga: Suami Istri Kompak Jadi Pencuri Sepeda Motor, Berbagi Peran Suami Memetik Istri Mengawasi

Halaman:

Editor: Aris M Fitrian


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah