2024 Penyakit ini Masih Trend Naik! Inilah Ciri Ciri Demam Berdarah pada Orang Dewasa

- 4 Juni 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi nyamuk demam berdarah
Ilustrasi nyamuk demam berdarah //Pexels/Anuj

KABAR SINGAPARNA - Demam berdarah (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, namun orang dewasa umumnya memiliki gejala yang berbeda dengan anak-anak. Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk membantu kamu mengetahui apa saja gejala-gejala demam berdarah yang muncul pada orang dewasa.

Demam berdarah seringkali disalahartikan sebagai penyakit lain karena gejalanya yang mirip dengan flu atau infeksi virus lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami ciri-ciri khas demam berdarah pada orang dewasa agar bisa segera diobati dan mencegah komplikasi yang serius.

Pada orang dewasa, demam berdarah biasanya diawali dengan demam tinggi yang bisa mencapai 40°C. Demam ini umumnya berlangsung selama 2-7 hari dan disertai dengan rasa sakit yang parah pada otot, tulang, sendi, tenggorokan, dan kepala. Nyeri sendi dan otot ini seringkali digambarkan sebagai rasa "pegal linu" yang sangat mengganggu.

Baca Juga: Kamu Sering Gampan g Lupa? Coba Cek Ciri Ciri Alzheimer di Usia Muda, Salah Satunya Sulit Mengingat Tempat

Untuk lebih jelasnya, kamu wajib simak artikel ini yang akan membahas lengkap tentang ciri ciri demam berdarah pada orang dewasa. Jika ciri-ciri ini terdapat pada kamu, segera konsultasikan diri pada dokter terdekat.

Ciri Ciri Demam Berdarah pada Orang Dewasa

1. Demam Tinggi Mendadak dan Berlangsung Lama

Ilustrasi seseorang sedang demam
Ilustrasi seseorang sedang demam /Pexels/Andrea Piacquadio

Biasanya demam tinggi yang dialami oleh penderita DBD lebih dari 38°C, dan hal itu merupakan ciri khas demam berdarah. Demam ini biasanya muncul secara mendadak dan berlangsung selama 2-7 hari. Pola demamnya bisa berupa demam konstan atau naik turun. Pada orang dewasa, demam seringkali disertai dengan rasa dingin, menggigil, dan berkeringat.

2. Nyeri Otot dan Sendi yang Parah

Nyeri otot dan sendi merupakan salah satu gejala yang paling umum pada orang dewasa dengan demam berdarah. Nyerinya bisa terasa sangat parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri ini biasanya muncul di bagian otot tungkai, lengan, dan punggung.

3. Sakit Kepala Berat dan Nyeri di Belakang Mata

Ilustrasi perempuan yang sakit kepala
Ilustrasi perempuan yang sakit kepala /Pexels/Karolina Grabowska

Halaman:

Editor: Amin Jamaludin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah