9 Amalan Sunah di Bulan Ramadan, Pahalanya Dilipat Gandakan Ribuan Kali Lipat

- 12 Maret 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi amalan Puasa Ramadhan.
Ilustrasi amalan Puasa Ramadhan. /Pexels.com / Thirdman/

KABAR SINGAPARNA- Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Selain ibadah puasa yang wajib dilaksanakan, ada banyak amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan suci ini.

Kelipatan pahala amalan di bulan Ramadhan tidak bisa ditentukan secara pasti. Ada beberapa hadits yang menyebutkan kelipatan pahala amalan di bulan Ramadhan, namun jumlahnya berbeda-beda. Berikut beberapa contohnya:

Hadits dari Abu Hurairah: "Barangsiapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya." (HR. Bukhori-Muslim).

Baca Juga: Peserta Kuliah Subuh Hari Pertama di Masjid Al-Ratniah Gunungbatu Terlihat Sangat Antusias

Hadits dari Ibnu Abbas: "Setiap amalan kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa." (HR. Muslim).

Hadits dari Aisyah: "Setiap amal kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat, dan Allah SWT menambah (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki." (HR. Muslim).

Dari hadits-hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa pahala amalan di bulan Ramadhan dilipat gandakan minimal 10 kali lipat dan maksimal 700 kali lipat.

Namun, perlu diingat bahwa kelipatan pahala ini tidak hanya tergantung pada jenis amalannya, tetapi juga keikhlasan dan kesungguhan orang yang melakukannya.

Oleh karena itu, fokuslah pada menjalankan amalan dengan sebaik-baiknya dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, tanpa terlalu memikirkan kelipatan pahalanya.

Berikut beberapa di antaranya amalan sunah di bulan suci ramadan yang dilipat gandakan pahalanya:

Memperbanyak ibadah malam (Qiyamul Lail). Qiyamul lail adalah sholat sunnah malam yang dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Ramadhan, meskipun hanya sebentar. Anda bisa mengisi waktu qiyamul lail dengan sholat sunnah, membaca Al-Quran, berdoa, dan berdzikir.

Halaman:

Editor: Aris M Fitrian


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah